Langkah-langkah Menginstal Oracle Database 11g Lengkap!

Share:


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tutorial bagaimana cara menginstal Oracle Database 11g express edition secara lengkap, namun sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat apakah Oracle Database itu sendiri.  Oracle Database adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam sistem manajemen basis data RDBMS. Untuk versi yang saya tahu yaitu ada 11g dan 12c. beberapa keunggulannya antara lain adalah dapat menangani banyak user bahkan sampai ribuan user yang melakukan koneksi tanpa mengurangi performance secara signifikan, mendukung data dengan ukuran yang besar dan dapat melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi.
Untuk kegunaannya sendiri yaitu sama seperti program pengolah data lainnya, yaitu untuk mengakses dan memanipulasi database, contoh memanipulasi database diantaranya adalah mengambil data, menyisipkan data, membuat database, menghapus data, memperbarui data, dan membuat table baru dalam database.

Baca Juga : Pengenalan Oracle Database Penggunaan Sintak Dasar

Langsung saja simak dengan saksama bagaimana cara menginstalnya secara lengkap :

  1.  Pertama-tama adalah download terlebih dahulu Oracle Databasenya, kalian bisa memilih sesuka hati kalian Oracle database yang versi berapa. Yang akan saya gunakan adalag Orcle Database 11g Express Edition.
  2.  Selanjutnya Ekstrak file Oracle Database 11g yang akan di install.
  3.  Buka file setup.exe dalam folder yang telah di ekstrak.
  4.  Jika muncul jendela windows untuk menginstal aplikasi, pilih yes.
  5.  Tunggu sampai proses preparing to install selesai.




            6.   Selanjutnya pilih next




           7.    Baca terlebih dahulu oracle technology Network Developer license termsnya dan pilih I accept            the terms in the license agreement untuk mnyetujui lisensinya lalu klik next


       8.  Pilih lokasi tujuan untuk menyimpan hasil instalan. Dalam memilih lokasi tujuan kalian dibebaskan untuk memilih dimana letak file yang sudah terinstal nantinya, tidak diharuskan pada direktori C, kalian bisa memilihnya dengan menekan tombol Browse lalu pilih direktori filenya 



           9.    Masukkan password yang akan digunakan, ulangi password yang telah di masukkan. Usahakan password yang akan digunakan mudah diingat Karena jika kita lupa passwordnya maka tidak bisa membuat password yang baru kecuali dengan menginstalnya ulang. Jadi kalian harus mengingatnya, bila perlu catat dalam memo. Kemudian klik next.

   
           10.   Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu pilih install untuk memulai proses instalasinya.


          
         11.  Tunggu sampai proses install selesai, disini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah. Kalian bisa melakukan aktifitas yang lain sambal menunggunya.



              12.    Jika proses instalasi sudah selesai maka klik finish untuk mengakhirinya.
              13.    Instalasi pun selesai. Sekarang kalian bisa menggunakannya.

    Jika kalian masih bingung bagaimana cara menggunakannya, maka tunggu artikel saya selanjutnya, saya akan membahas bagaimana Dasar-dasar Oracle Database tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Nantikan artikel-artikel selanjutnya.



2 komentar:

  1. terima kasih , informasinya sangat membantu
    Nonton Film Online HD Terbaru Sub Indonesia

    INDOXX1

    BalasHapus
  2. Langkah-Langkah Menginstal Oracle Database 11G Lengkap! - Zoro Tekno >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Langkah-Langkah Menginstal Oracle Database 11G Lengkap! - Zoro Tekno >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Langkah-Langkah Menginstal Oracle Database 11G Lengkap! - Zoro Tekno >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus