Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengganti Template Blog

Share:

Kali ini Zoro Tekno akan menjelaskan mengenai Hal-hal yang harus anda ketahui dan anda perhatikan ketika akan mengganti template blog anda supaya aman dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti menurunnya visitor, menurunnya page rank dan lain sebagainya.
Pasti banyak diantara kita yang bosan dengan tampilan dari blog kita sendiri dan memutuskan untuk mengubah tampilan tersebut dengan tujuan supaya  blog kita lebih fresh dan lebih enak dipandang mata, dan juga supaya menarik visitor untuk mengunjungi blog kita tentunya, dengan demikian blog kita akan bertambah visitornya. Namun sebelum kalian mengganti template ada baiknya simak beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengganti template blog berikut ini:

    1. Yang pertama adalah carilah template blog yang SEO Friendly dan responsive, hal ini perlu sekali untuk anda perhatikan karena tentu saja tujuan anda untuk mengganti tema dari blog anda adalah supaya meningkatkan trafik pengunjung, maka dari itu sebelum mengganti tema, ada baiknya untuk mempertimbangkan tema yang responsive dan SEO friendly supaya tujuan anda tercapai.   jadi pertimbangkanlah blog mana yang menurut anda bagus dan sesuai selera anda dan jangan lupa test ke responsifan dari tema yang akan anda gunakan.

   2. Tes kecepatan tema yang akan anda gunakan. Yang kedua adalah kecepatan dari tema yang akan digunakan. Sebelum mendownload tema pastinya ada live view atau contoh dari tema tersebut, dari situ anda bisa manfaatkan untuk mengetes kecepatan dari tema tersebut dengan meng copy link dari live view tersebut dan tes kecepatannya di beberapa web penguji kecepatan website, hal ini juga penting dan dapat mempengaruhi page rank dari blog anda, semakin cepat blog anda dimuat maka semakin baik dan semakin tinggi pula ranknya.

3. Backup terlebih dahulu tema yang sedang anda gunakan saat ini. Hal ini juga penting untuk diperhatikan, tujuan dari membackup tema yang saat ini anda gunakan adalah untuk jaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi setelah menggantinya dengan tema yang baru. Cara untuk mem backup tema ini bisa dibilang cukup mudah, masuk pada menu tema di blogger anda, lalu tekan Backup / Pulihkan yang terdapat pada pojok kanan atas halaman, selanjutnya akan muncul pop up, lalu pilih atau klik tombol Download untuk mendownload /membackup tema yang anda gunakan saat ini, hasil dari backupan ini berupa file yang berekstensi .xml yang nantinya bisa anda gunakan kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar berikut ini
        





      4. Backup meta tag dari google index dan setelan lainnya, hal ini tidak kalah penting yaitu backup atau simpan meta tag google index yang ada, bentuk dari meta tag google index adalah seperti ini
<meta content='Kode Key Google index' name='google-site-verification'/>, jika tidak ada maka secepatnya daftarkan blog anda ke webmaster google jika anda ingin blog anda terindeks oleh google.

      5. Hapus semua widget yang ada. Selanjutnya adalah hapus semua widget yang ada, hal ini diperlukan karena untuk menghindari penumpukan widget dari template baru yang akan anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir untuk menghapusnya karena diawal tadi anda sudah membackup tema yang sekarang.

      6. Re index blog anda ke google webmaster. Selanjutnya adalah re index blog anda dengan memasukkan kode meta tag google verification yang sudah anda simpan tadi, hal ini penting supaya blog dengan tampilan baru anda langsung terindeks, jangan salahkan jika anda lupa untuk mengindeks ulang blog anda maka ada kemungkinan blog anda hilang dari page one.

      7 Atur widget dan setelan lainnya. Langkah terakhir jika anda sudah mengganti tema dengan yang baru adalah atur widget widget dari tema yang ada sesuai dengan apa yang anda inginkan, seperti link social media, menu-menu dan lainnya agar tampilannya sesuai dengan blog yang anda harapkan. Jangan lupa juga untuk mengganti logo dari tema tersebut.

Jika terjadi hal yang tidak  diinginkan dan anda ingin kembali ke tampilan dan settingan widget awal maka tenang saja, karena tadi anda sudah membackup tampilan blog awal sehingga anda tinggal menggantinya saja dengan mengupload .xml hasil dari backupan tadi.

Kunjungi Juga: 10 Cara Mudah Menjadi Peringkat Pertama di Google

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat! ^^


2 komentar: