Belajar mengontrol diri / Mujahadah An-nafs (Kandungan Surah Al-anfal, hikmah dan contoh perilaku)

Share:

Belajar Mengontrol Diri (mujahadah an-nafs)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai belajar mengontrol diri. sebelumnya saya akan memberitahukan apa itu mujahadah an-nafs. Mujahadah adalah kerja keras secara maksimal merupakan tahapan yang harus diupayakan untuk mencapai suatu keberhasilan. Kita ketahui bahwa sesuatu untuk meraih kesuksesan diperlukan adanya kerja keras yang tinggi. Mujahadah An-Nafs adalah perjuangan sungguh-sungguh atau jihad untuk melawan ego atau nafsu pribadi. Jihad atau memerangi hawa nafsu pribadi merupakan salah satu hal yang penting, sampai Nabi menyebutnya sebagai Jihad Akbar yang nilainya bahkan lebih utama dibandingkan dengan jihad memerangi orang-orang kafir. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang surah al-anfal ayat 72 beserta kandungannya beserta hikmah dan contoh perilaku dalam kehidupan sehari hari.

Baca Juga : Membiasakan Berprasangka Baik dan Mempererat Ukhuwah

1.       Mari membaca surah al-anfal ayat 72 dengan tartil




Artinya:”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

2.       kandungan ayat surah al –anfal/8:72
·         Perintah berhijrah dari kemungkaran kepada kebaikan
·         Perintah berjihad di jalan allah dengan harta dan jiwa
·         Perintah saling melindungi dan menolong dengan sesame mukmin

3.       korelasi ayat dengan kehidupan sehari hari
Stelah tidak ada lagi perintah hijrah maka yang bisa kita lakukan saat ini adalah hijrah maknawi. Hijrah maknawi yaitu hijrah dengan meninggalkan kemaksiatan untuk selalu melakukan kebaikan.
  Yang bisa kita lakukan di zaman sekarang adalah melakukan hijrah maknawi (yaitu hijrah dengan meninggalkan kemaksiatan untuk selalu melakukan kebaikan).
                Jihad secara bahasa berarti mengeluarkan segenap kemampuan. secara istilah berarti mengerahkan segala kemampuan untuk berjuang di jalan Allah swt. Jihad pada masa sekarang bukanlah jihad dengan mengangkat senjata, tetapi jihad dengan lisan, yaitu berani dan tegas dalam menjelaskan kebenaran.

4.       hikmah mengontrol diri (mujahadah an-nafs)
    • Seseorang yang meakukan control diri akan memperoleh manfaat dan hikmah sebagai berikut:
    •  Hati semakin bersih dan tenang
    • Selalu mengutamakan kepentingan agama dari pada kepentingan pribadi
    •  Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin
    •  Diberi kemudahan oleh allah swt. Dalam mengerjakan amal saleh
    • Dijauhkan dari kemaksiatan
    •  Dijauhkan dari sifat tercela seperti iri, sombong, ria, dan lain lain.
    • Dicintai allah swt. Dan sesama manusia


5.       Contoh perilaku mengontrol diri (mujahadah an-nafs)
sebagai pelajar hendaknya dapat mengamalkan perilaku mujahadah an-nafs di rumah dan di sekolah. Diantara perilaku tersebut adalah sebagai berikut:
  • Membiasakan bangun pagi
  • Tidak terlamat ke sekolah
  • Menaati peraturan di sekolah
  • Rajin mengerjakan tugas
  • Berpakaian rapi
  • Membiasakan shalat berjama’ah
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuaa..



1 komentar: